Entri Populer

Senin, 03 Januari 2011

NARKOBA

EKSTASI

Diproduksi secara illegal di laboratorium dan dibuat dalam bentuk tablet dan kapsul. Ekstasi akan mendorong tubuhmu untuk melakukan aktivitas yang melampaui batas maksimum dari kekuatan tubuhmu sendiri. Dan akibat aktivitas yang berkepanjangan dan yang berlebihan ini, maka tubuhmu akan mengalami kekurangan cairan.

Ada beberapa pemakai ekstasi yang akhirnya meninggal dunia karena terlalu banyak minum akibat rasa haus yang amat sangat.Zat-zat kimia yang berbahaya sering dicampur dalam tablet atau kapsul ekstasi. Zat-zat ini menyebabkan munculnya suatu reaksi yang buruk pada dirimu. Dan dalam beberapa kasus, reaksi dari zat-zat ini akan menimbulkan kematian. Pengguna ekstasi sering harus minum obat-obatan lainnya untuk menghilangkan reaksi buruk yang timbul pada dirinya. Dan hal ini menyebabkan denyut nadimu menjadi cepat, serta akan menimbulkan paranoia dan halusinasi.

Akibat lainnya dari penggunaan ekstasi ini adalah : timbulnya diare, rasa haus yang amat sangat, hiperaktif, sakit kepala dan pusing-pusing, gemetar tak terkontrol, denyut nadi yang sangat cepat, mual dan muntah, serta kehilangan selera makan. Ekstasi dikenal dengan sebutan inex, I, kancing, dll

HEROIN

Adalah suatu jenis obat-obatan yang sangat kuat dan membuat seseorang menjadi sangat ketagihan. Heroin biasanya terdapat dalam bentuk serbuk atau larutan. Jenis heroin yang popular di Indonesia adalah putauw (heroin kelas 5 atau 6 ). Jika kamu mencoba memakai heroin, maka heroin tersebut dengan sangat cepat akan “mengikat” dirimu, baik secara fisik maupun secara mental, yang mengakibatkan kesakitan dan kejang-kejang saat tubuhmu tidak lagi mendapat pasokan. Heroin akan membuat dirimu menjadi bodoh dan lemas, merusak kemampuan konsentrasi dan perhatian terhadap kehidupan yang normal. Banyak pemakai heroin yang mati karena overdosis.

Tanda-tanda dari seseorang yang sedang ketagihan adalah : kesakitan dan kejang-kejang, keram perut dan menggelepar, gemetar dan muntah-muntah, hidung berlendir, mata berair, kehilangan nafsu makan, kekurangan cairan tubuh. Heroin disebut juga dengan nama : putauw, putih, bedak, PT, etep, dll.
AMPHETAMINE

Adalah sejenis obat-obatan yang biasanya berbentuk pil, kapsul dan serbuk yang dapat memberikan rangsangan bagi perasaaan manusia. Salah satu jenis amphetamine, yakni methamphetamine, sering menjadi terikat secara mental kepada obat-obatan ini. Tingkah laku yang kasar dan tak terduga, merupakan hal biasa bagi pemakai kronis.

Jika kamu menggunakan amphetamine, maka amphetamine ini akan merangsang tubuhmu melampaui batas maksimum dari kekuatan fisikmu. Dan kamu akan tetap merasa sangat aktif walaupun sebenarnya tubuhmu sudah sangat lelah. Apabila tubuhmu tidak dapat lagi menanggung beban ini, maka kamu dapat jatuh pingsan dan dapat mati karena kelelahan. Jika kamu menggunakan amphetamine ini, maka hidupmu akan berakhir dalam suatu dunia yang sepi, terpisah dari orang lain, sering melihat dan melihat hal yang aneh-aneh, dan hubunganmu dengan keluarga dan teman-teman akan menjadi rusak.

Akibat-akibat lainnya jika kamu menggunakan obat-obatan ini adalah : penurunan berat badan, ketakutan, kelihatan seperti kurang tidur, tekanan darah tinggi, denyut nadi yang tidak beraturan, paranoia yang mendalam, pingsan karena kelelahan yang amat sangat. Amphetamine dikenal juga dengan sebutan “Amphet”. Jenis-jenisnya adalah ekstasi, speed, whiz, dll. Jenis-jenis metamphetamine adalah : ice, shabu-shabu, dll.
SHABU-SHABU

Adalah nama popular untuk Metamphemine. Bentuknya seperti kristal, tidak berbau dan tidak berwarna. Karena itulah sering disebut “ice”. Shabu-shabu mengakibatkan efek yang sangat kuat pada system syaraf kamu. Pemakai shabu-shabu secara mental akan bergantung pada zat ini dan penggunaan yang terus menerus dapat merusakan otot jantung dan bahkan menyebabkan kematian. Zat ini mendorong tubuh kamu melampaui ambang batas kekuatan fisikmu. Juga membuat kecanduan secara psikologis karena merangsang aktivitas kimia otak yang menyebabkan pemakainya merasa “fly” dengan perasaan enak sementara berangsur-angsur membangkitkan kegelisahan yang luar biasa. shabu-shabu sangat berbahaya karena prilaku yang menjrus pada kekerasan merupakan efek langsung dari penggunannya. Bahkan sering menyebabkan impoten. Over dosis dari shabu-shabu juga mengakibatkan kerusakan usus dan ginjal dan bahkan kematian.

Efek : berat badan menyusut, impoten, kejang-kejang, halusinasi, paranoid, kerusakan usus ginjal, kerusakan jantung, serangan jantung dan kematian.
Nama lain untuk shabu-shabu : kristal, ubas, SS, mecin, dll.
GANJA

Atau cannabis akan mengikat pikiranmu dan dapat membuatmu menjadi ketagihan. Ganja mengandung sejenis bahan kimia yang disebut delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) yang dapat mempengaruhi suasana hati manusia dan mempengaruhi cara orang tersebut melihat dan mendengar hal-hal disekitarnya. Orang bilang memakai sekali-sekali tidak akan bikin katagihan. Ganja dianggap narkoba yang aman dibandingkan dengan putauw atau shabu. Kenyataannya sebagian besar pecandu narkoba memulai dengan mencoba ganja.Jika kamu menggunakan ganja, maka pikiranmu akan menjadi lamban dan kamu akan nampak bodoh dan membosankan. Ganja akan mempengaruhi konsentrasi dan ingatanmu. Akibatnya kemampuan belajarmu menjadi menurun. Dan seringkali, para pengguna ganja akan mencari obat-obatan yang lebih keras dan lebih mematikan.





Akibat-akibat lainnya yang dapat terjadi jika kamu menggunakan ganja adalah : kehilangan konsentrasi,meningkatnya denyut nadi, keseimbangan dan koordinasi tubuh yang buruk, ketakutan dan rasa panik, depresi, kebingungan dan halusinasi.
Ganja dikenal juga dengan sebutan : mariyuana, cimeng, hash, rumput/grass, dll.
INHALEN

Dalam narkoba terdapat sejenis zat yang bernama inhalen (sejenis lem), sebagaimana yang terdapat pada lem dan pengencer cat (thinner). Dan biasanya, penggunaan inhalen ini dilakukan dengan cara dihirup. Penggunaan inhalen ini akan merusak pertumbuhan dan perkembangan otot,syaraf, dan organ tubuhmu yang lain. Bahkan kematian mendadak seperti tercekik (Sudden Sniffing Death-SSD), dapat terjadi saat kamu menghirup inhalen ini.

Menghirup larutan narkoba/inhalen sambil menggunakan obat-obat anti depresi, seperti obat penenang, obat tidur atau alkohol akan meningkatkan resiko overdosis dan dapat mematikan. Jika kamu menghirup narkoba/inhalen, maka aktifitas yang normal saja, seperti berlari atau berteriak, dapat mengakibatkan kematianmu, akibat gagal jantung.

Akibat-akibat lainnya dari menghirup narkoba/inhalen adalah : kehilangan ingatan, tidak dapat berpikir, mudah berdarah dan memar, kerusakan system saraf utama, kerusakan hati dan ginjal,sakit maag, sakit pada waktu buang air kecil, kejang-kejang otot dan batuk-batuk.
TEMBAKAU

Tembakau berasal dari tanaman nicotiana tabacum. Meskipun banyak orang merokok karena mereka percaya bahwa rokok dapat menenangkan syaraf, merokok justru memicu pengeluaran epinephrine, hormon yang menciptakan suatu stress psikologis pada perokok, bukan relaksasi. Ketika rokok dihisap, nikotine diserap oleh paru-paru dan dibawa dengan cepat ke dalam aliran darah, dimana ia berputar ke seluruh otak. Nikotin berpengaruh langsung pada jantung untuk mengubah detak jantung dan tekanan darah, mengakibatkan tekanan darah tinggi, serangan jantung dan penyakit pembuluh darah lainnya seperti aneurism (pelebaran pembuluh darah yang tidak wajar). Ia juga berperan pada syaraf yang mengatur respirasi untuk mengubah pola pernafasan.



Pada konsentrasi tinggi, nikotin adalah mematikan, bahkan setetes nikotine yang dimurnikan pada lidah dapat membunuh seseorang. Nikotine sangat mematikan sampai-sampai telah digunakan sebagai pestisida selama berabad-abad.

Kecanduan rokok adalah penyebab dari sepertiga dari semua kanker, terutama kanker paru-paru. Tingkat kematian keseluruhan perokok yang disebabkan kanker adalah dua kali lebih tinggi dari bukan perokok, sementara perokok berat empat kali lebih tinggi dari bukan perokok.. Satu per lima kematian karena penyakit jantung diakibatkan merokok. Perokok pasif/sekunder juga meningkat resikonya dalam penyakit-penyakit yang sama.

Rokok juga berperan sebagai gerbang utama untuk penyalahgunaan obat-obatan bentuk lain. Sepertiga anak muda yang hanya mencoba-coba pada akhirnya menagih pada umur 20. Perokok dewasa-muda 100 kali lebih mungkin untuk menghisap ganja dan menggunakan obat-obatan lain seperti kokain dan heroin di masa depannya. Merokok khususnya berbahaya untuk remaja karena tubuh mereka masih berkembang dan berubah dan bahan-bahan kimia dalam rokok dapat mempengaruhi proses ini.
ALKOHOL

Minuman-minuman alkohol mengandung obat yang bernama ethanol. Alkohol adalah obat yang kuat sebagai depresan dan bukan stimulan seperti yang diperkirakan banyak orang. Alkohol memperlambat aktifitas di beberapa bagian otak dan sistem syaraf.

Meminum alkohol dalam dalam jumlah besar dalam jangka waktu tertentu dapat mengakibatkan, sakit kepala, rasa mual, gemetar dan muntah-muntah. Karena alkohol mempengaruhi penilaian, konsentrasi, penglihatan dan koordinasi, minum alkohol sangat biasa menyebabkan kecelakaan, terutama kecelakaan mobil dan mati tenggelam. Alkohol dapat mematikan dengan mengganggu kendali otak terhadap pernafasan, tetapi biasanya orang pingsan sebelum hal ini terjadi.

Siapa saja yang meminum banyak alkohol, secara teratur, dalam jangka waktu tertentu, kemungkinan besar akan mengalami beberapa masalah fisik, emosional dan sosial yang berkaitan dengan alkohol. Kerusakan terhadap beberapa organ tubuh dapat terjadi dan permanen.

Akibat-akibat yang tejadi karena menggabungkan obat-obatan yang berbeda tidak bisa diperkirakan, Mencampur alkohol dengan obat-obatan lain dapat meningkatkan pengaruh dari semua obat-obatan yang dipakai. Meminum alkohol bersamaan dengan obat-obatan depresan lainnya seperti obat penenang, obat tidur atau ganja dapat berakibat fatal karena sistem syaraf pusat dibanjiri oleh depresan yang dapat mematikan kerja otak dan jantung.

BAGAIMANA MENGENALI TANDA TANDA PENYALAHGUNAAN OBAT-OBATAN
Mata merah
Hidung dan mata terus menerus berair
Perubahan perasaan tiba-tiba
Perilaku tidak wajar atau tidak biasa
Pergaulan yang berbeda
Perilaku tidak ramah
Kegiatan di luar sekolah berkurang
Interaksi dengan keluarga sedikit
Sangat malas
Mencuri
Kehilangan nafsu makan
Rasa mual
Gelisah
Apa itu ganja?
Ganja dapat dikategorikan sebagai depresan (obat yang mempengaruhi sistem saraf dengan memperlambat kegiatan di dalam otak) dan "halusinogen" (menimbulkan halusinasi). Ganja terbuat dari daun tanaman kanabis. THC (Delta 9 tetrahydrocannibinol) adalah salah satu dari 400 bahan kimia yang ditemukan di dalam ganja. THC-lah yang menyebabkan pengaruh yang mengubah suasana hati. Kadar THC yang terdapat pada ganja yang beredar, semakin hari semakin meningkat.

Ganja (kanabis) mempunyai beberapa bentuk. Ganja biasanya berbentuk dedaunan seperti tembakau berwarna hijau. Hashish atau minyak hashish merupakan bentuk ganja yang lebih kuat. Hashish adalah getah pohon ganja dan dijual dalam bentuk minyak atau kubus padat kecil.

Nama-nama lain: gele, daun, cimeng, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar